Hal tersebut dipertegas oleh Joe Frans
selaku CEO BMW Motorrad yang meengatakan bahwa motor ini sudah dilakukan
beberapa perubahan dan peningkatan dibebeberapa sektor. Perubahan yang
ditingkatkan salah satunya yaitu pada penguruangan berat yang
diakibatkan gaya scrambler yang memang mengusung desain yang lebih
simple atau sederhana. “Kami akan menghadirkan R Nine T Scrambler saat GIIAS 2016 nanti. Konsumen dapat melihat langsung kendaraan yang memang ditujukan melaju di dua kondisi jalan,” ucap Joe.
Di sissi lain, jika kita melihat lebih
dalam, ada perbedaan yang cukup mencolok antara R Nine T Scrambler
dengan R Nine T “tangki hitam” di mana perbedaannya tampak pada
kaki-kaki dan letak knalpotnya. Jika R Nine T mengandalkan suspensi
up-side down, R Nine T Scrmbler justru menerapkan sistem suspensi
teleskopik yang dilengkapi tabung berdiameter 43 mm di mana dipadukan
dengan rubber tube untuk menampilkan tampilan klasik. Lalu, kaki-kaki
tersebut lebih diperbagus dengan velg yang memiliki ukuran 19 inci di
depan dengan ban semi offroad. Hal tersebut, tentunya menjadikan ground
clearance R Nine T Scrambler lebih tinggi sehingga cocok untuk
menelusuri jalan offroad. Sementara itu, untuk knalpot Akrapovic
diposisikan lebih tinggi untuk menghindari beberapa benturan saat
melewati jalanan offroad.
Lalu, gubahan juga dilakukan pada tangki
di maana hanya bisa bisa menmapung bahan bakar 17 liter saja. Dengan
kata lain, lebih sedikit 2 liter dari R Nine T. Tak hanya itu saja, R
Nine T Scrambler ini juga akan mengussung panel isntrumen yang simpel
tanpa banyak indikator. Selain itu, dikuanginya bobot beban dari motor
tersebut pun menjadi salah satu alasan penyederhanaan tersebut. “Motor
ini dibuat lebih ringan. Sedia belakang bisa dilepas, apabila konsumen
ingin suka dengan tampilan kostum. Apalagi Scrambler sendiri identik
sebagai kendaraan untuk solo rider,” jelas Joe.
Urusan jantung pacu, BMW Motorrad
mengusung mesin yang sama yakni 1.170 cc flat twin boxer, 4 tak
berpendingin udara yang mampu menyemburkan tenaga 110 hp pada 7.750 rpm
dan torsi 116 Nm pada 6.000 rpm. Meski sama, R Nine T Scrambler
mengalami penurunan torsi dengan alasan keamanan karena bobot motor yang
berkurang.
Tidak ada komentar:
Write komentar